BeritaKSR

KSR Unit UNSOED Sukses Gelar FAI Tingkat Nasional

Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menyelenggarakan kegiatan perlombaan First Aid Invitation (FAI) 2023 Tingkat Nasional untuk PMR Wira (SMA/SMK/MA) dan KSR Perguruan Tinggi. Kegiatan yang dimulai tanggal 10 April 2023 dan puncak acara selesai di tanggal 25 Juni 2023 mengusung tema “Be Smart, Creative, and Competitive to Raise the Spirit of Humanity”.

Rangkaian kegiatan mulai dari opening ceremony, babak penyisihan 1 dan babak penyisihan 2 dilaksanakan secara daring dan puncak acara yakni babak final dan seminar serta closing ceremony dilaksanakan secara luring di Kampus Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. (Minggu 25 Juni 2023)

Penyerahan Teropy Kejuaraan Kepada Pemenang Perlombaan oleh Kepala Markas PMI Kabupaten Banyumas

Ketua Pelaksana, Margareta Novianti Trinita, mengatakan bahwa perlombaan FAI 2023 ini diikuti oleh 28 SMA/SMK/MA dan 15 Perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia. Perlombaan ini dilakukan secara hybrid dengan babak penyisihan dan final KSR diadakan secara daring melalui zoom meeting dan babak final PMR Wira, Seminar, Pengumuman Juara dan Closing Ceremony diadakan secara luring.

Kegiatan ini terdiri dari 4 cabang perlombangan per masing-masing tingkatan lomba, yaitu tingkat PMR Wira (SMA/SMK/MA), kategori Lomba Cerdas Tangkas (LCT), Ayo Siaga Bencana (ASB), Pertolongan Pertama (PP), dan Pendidikan Remaja Sebaya (PRS). Tingkat KSR Perguruan Tinggi, kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Video Edukasi Pertolongan Pertama (PP), Video Iklan Layanan Masyarakat, dan Fotografi.

Setelah melalui proses yang panjang didapatkan hasil perlombaan untuk tingkat PMR Wira untuk cabang lomba PP: Juara 1 SMK N 1 Banyumas, Juara 2 SMA N 1 Banyumas, Juara 3 MAN 1 Banyumas. Untuk cabang lomba PRS: Juara 1 SMA N 1 Banyumas, Juara 2 MAN 1 Banyumas, Juara 3 SMA 1 Ajibarang. Cabang lomba ASB: Juara 1 SMA N 1 Ampel, Juara 2 SMA N 1 Purbalingga, Juara 3 SMA N 1 Ajibarang. Cabang lomba LCT: Juara 1 SMA N 1 Banyumas, Juara 2 MAN 1 Banyumas, Juara 3 SMK N 1 Banyumas. Dengan juara umum tingkat PMR Wira diraih oleh SMA N 1 Banyumas. Dan untuk tingkat KSR Perguruan Tinggi untuk cabang lomba Video Edukasi PP: Juara KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Juara 2 KSR PMI Unit Universitas Negeri Yogyakarta, Juara 3 KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Untuk cabang lomba Fotografi: Juara 1 KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang, Juara 2 KSR PMI Unit Universitas Jenderal Soedirman, Juara 3 KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Cabang LKTI: Juara 1 KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang, Juara 2 KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Juara 3 KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Cabang lomba Iklan Layanan Masyarakat: Juara 1 KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang, Juara 2 KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Juara 3 KSR PMI Unit FKM Universitas Diponegoro.

“Mewakili PMI Kabupaten Banyumas, saya ucapkan selamat untuk para pemenang lomba, dan jadikanlah prestasi yang membanggakan ini sebagai apresiasi diri dan sebagai bahan renungan untuk kita semua agar tetap rendah hati dan tidak boleh terlalu terlena akan prestasi yang telah didapat sehingga terus lah belajar dan tingkatkan kemampuan sehingga apa yang sudah didapatkan hari ini akan tetap dapat dipertahankan di ajang perlombaan di tahun-tahun yang akan datang.” Ucap Ariono, Kepala Markas PMI Kabupaten Banyumas saat penutupan acara.

Sebagai apresiasi atas pencapaian para pemenang lomba FAI 2023, dilakukan penyerahan piala oleh Koordinator Pengembangan Kemahasiswaan & Alumni I Wayan Budiana, S.Kom mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni / WR III dan Kepala Markas PMI kabupaten Banyumas Ir. Ariono Poerwanto, MT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *