Home

Siaga Bencana Berbasis Masyarakat "SIBAT" merupakan program PMI Pusat.  PMI kabupaten Banyumas telah rutin mengadakan pelatihan dan membentuk tim SIBAT di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas, Tahun 2019 akan membentuk Tim SIBAT di 2 kecamatan dimana tanggal 9 - 10 Juli telah dilaksanakan pelatihan di Aula Soeparjo Rustam Kecamatan Sokaraja.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta perwakilan desa dan kecamatan, dimana mereka adalah orang yang selalu berhadapan langsung dengan bencana. Selama pelatihan mereka akan diberi pengetahuan dan keterampilan tentang penangulangan bencana yang difasilitasi oleh BPBD Kabupaten Banyumas,  Camat,  Koramil,  Polsek,  Puskesmas dan Fasilitator dari PMI Kabupaten Banyumas.

Peserta pelatihan SIBAT terdiri dari unsur perangkat desa dan karang taruna ini sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, terlihat dari keseriusan mereka dan semangat mereka mendengarkan paparan materi dan mengikuti simulasi di ahir pelatihan.
"Kami  sangat senang dan berterimakasih PMI melaksanakan kegiatan ini,  kami berharap nantinya PMI Kabupaten Banyumas mengadakan pelatihan lanjutan sehingga ilmu dan keterampilan kami akan meningkat" ujar Slamet salah seorang peserta pelatihan.

"Setelah pelatihan nantinya peserta harus melaporkan hasil kegiatan ini kepada Kepala Desa dengan harapan setiap desa dapat membentuk Tim Siaga Bencana disetiap desa yang ada di Kecamatan Sokaraja" Ujar Drs.  Purjito Camat Sokaraja pada saat membuka acara.

Acara yang dilaksanakan selama 2 hari ini ditutup langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Banyumas. Dibyo Yuwono,  S.Pd.Dalam sambutanya beliau menyampaikan "Tim Sibat nantinya akan menjadi garda terdepan penangulangan bencana PMI, dalam melaksanakan tugasnya Tim Sibat berkoordinasi dengan pengurus PMI Kecamatan sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal.