RAYAKAN HUT, PMI BANYUMAS GALAKKAN SEMANGAT BERGERAK BERSAMA UNTUK SESAMA

Hari jadi Palang Merah Indonesia (PMI) dirayakan dalam kondisi pandemi covid-19 selama dua tahun ini. Semangat memeriahkan hari jadi ini diubah menjadi semangat menggalang pemulihan bangsa Indonesia. Seperti pada tahun ini, PMI Kabupaten Banyumas turut menyemarakkan HUT PMI ke-76 pada 17 September 2021 dengan tema ‘Bergerak Bersama untuk Sesama’ dengan harapan percepatan kebangkitan bangsa Indonesia dari pandemi, sesuai intruksi dari PMI Pusat.

Suasana Peringatan HUT PMI ke 76 PMI kabupaten Banyumas

Ketua PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Trilastiono mengatakan, di era pandemi PMI berperan aktif dalam upaya pencegahan penurunan kematian akibat Covid-19 melalui bantuan 1500 paket kesehatan untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri. Hal ini terbukti cukup efisien, karena tindakan ini sangat efektif membantu Pemerintah Daerah menurunkan angka kematian akibat Covid-19.

“Tidak Terasa PMI sudah berusia 76 Tahun, bukan usia yang muda lagi semoga semakin baik dalam melayani masyarakat. Diera pandemi kita sudah buktikan membantu masyarakat melalui bantuan paket-paket obat untuk pasien isoman. Ternyata sangat membatu karena waktu itu, harga obat diatas HET sehingga tidak bisa diberikan melalui pemda, alhamdulilah melalui PMI dapat diberikan untuk masyarat yang pada saat itu membutuhkan pengobatan Covid-19 dan alhamdulillah angka kematian Covid-19 menurun sejak saat itu.”

Selainpemberian obat Sadewo menambahkan, PMI Kabupaten Banyumas juga ikut membantu pelayanan vaksinasi, dengan menyiapkan tenaga medis untuk pelayanan vaksin yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Kedepannya PMI Kabupaten banyumas juga berupaya mengadakan vaksinasi sendiri dengan sasaran anak usia 12-18 Tahun. Hal ini tentunya untuk mendukung pemerintah agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka dapat segera terlaksana secara 100%.

“Ikut membantu vaksinasi dengan menyiapkan tenaga medis, terahir kita mengirimkan 5 tim untuk membantu kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh BIN. Kedepannya mungkin PMI bisa melaksanakan vaksinasi secara mandiri, agar percepatan vaksinasi dapat segera tertuntaskan khususnya untuk anak usia sekolah, terutama SMP dan SMA.”

Peringatan HUT 76 tahun PMI di Kabupaten Banyumas di laksanakan secara daring dan luring. Rangkaian acara dilaksanakan di Unit Donor Darah dari mengikuti Kegiatan Upacara Peringatan Yang diadakan Oleh PMI Pusat secara virtual, kemudian dilanjutkan dengan acara pemberian penghargaan bagi pegawai yang sudah mengabdi di PMI. Dari masa pengabdian 10 tahun, 20 tahun, dan lebih dari 30 tahun. Selain pegawai diberikan juga penghargaan untuk Pengurus PMI Kecamatan Tergiat yang diberikan kepada PMI Kecamatan Gumelar sebagai Tergiat dalam bidang  Donor Darah, PMI Kecamatan Kemranjen sebagai Tergiat dalam bidang Generasi Muda, dan PMI Kecamatan Sokaraja sebagai Tergiat dalam bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan. Serta Pemberian penghargaan untuk Pengurus PMI Kecamatan Terlama yang diberikan kepada bapak Sarno Pribadi dari Kemranjen dan bapak Sakirun dari Lumbir.

Disamping itu, pada acara di umumkan juga hasil Penilaian KSR Unit Teladan tahun 2021 dengan hasil Peringkat 1 diperoleh oleh KSR PMI Unit Universitas Negeri Jendral Soedirman, Peringkat 2 diperoleh oleh KSR PMI Unit Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, dan Peringkat 3 dieroleh oleh Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Ketua Panitia HUT 76 PMI Kabupaten Banyumas Kamali mengatakan, rangkaian peringatan HUT PMI ke 76 tidak hanya pada satu hari ini saja, namun sudah diawali sejak awal bulan september dan rencana akan terus berlangsung hingga akhir september.

“Kita memulai peringatan HUT PMI sebenar dari awal bulan september melalui acara kunjungan ke PMI Kecamatan se-Kabupaten Banyumas yang rutin kita laksanakan setiap hari Sabtu yang insyaallah akan selesai pada akhir bulan ini. Puncaknya hari ini, kita mengikuti upacara virtual dari PMI Pusat dan kemudian kita lanjutkan dengan acara penyerahan penghargaan dan bantuan.”

Kamali menambahkan, Pemberian bantuan berupa kacamata gratis untuk siswa-siswi SD Negeri  Banjaranyar dan bantuan pembangunan Toilet untuk warga desa Semedo dan desa Krajan Kecamatan Pekuncen. Nantinya rangkaian peringatan HUT PMI akan ditutup dengan acara talk show yang akan dilaksanakan secara virtual dengan tema Lindungi Anak dengan Vaksin Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *